RPJM-Des BERANCAH Tahun 2018-2023 DISAHKAN OLEH BPD

  • Rabu, 11 Juli 2018 - 02:53:pm Wib
  • Dibaca : 4687 Kali
RPJM-Des BERANCAH Tahun 2018-2023 DISAHKAN OLEH BPD
Teks foto: 0

Berancahdesa-BENGKALIS- Setelah dilakukan beberapa kali musyawarah pembahasan secara insentif, baik yang dilakukan oleh Panmus RPJM-Des BPD maupun pembahasan bersama tim penyusun dan Pemerintah Desa akhirnya RPJM-Des Berancah tahun 2018-2023 disahkan  pada Rapat Paripurna BPD Berancah selasa pagi (12/12), pada saat pandangan akhir Pemerintah Desa Berancah yang disampaikan oleh Kepala Desa Berancah Turadi, A.Md, bahwa RPJM-Des Berancah tahun 2018-2023  menyesuaikan pada visi Kabupaten Bengkalis yang tertuang pada  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bengkalis Tahun 2016 – 2021 yaitu “Terwujudnya Kabupaten Bengkalis sebagai Model Negeri Maju dan Makmur di Indonesia”. Berpedoman pada Visi Kabupaten Bengkalis tersebut diatas, sehingga Visi, Misi Desa Berancah yang tertuang pada RPJM-Des Tahun 2018- 2023 adalah “Terwujudnya Perekonomian Masyarakat yang Meningkat melalui Pembangunan yang Kreatif dan Inovatif.” Dengan pengertian sebagai berikut :

  1. Perekonomian Masyarakat yang Meningkat mengandung pengertian bahwa masyarakat Desa Berancah mampu mewujudkan kehidupan yang sejajar dan sederajat dengan masyarakat desa lain yang lebih maju dengan mengandalkan pada kemampuan dan kekuatan sendiri yang berbasis pada keunggulan lokal di berbagai bidang.
  2. Melalui Pembangunan yang Kreatif dan Inovatif adalah pembangunan yang di dukung oleh Pemerintah Desa dan Kelembagaan Desa dengan pola-pola kreatif dan inovatif (pemikiran baru) sehingga dapat mewujudkan perekonomian masyarakat mengalami peningkatan.

Dalam mewujudkan visi tersebut, disusun misi sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya dalam Bidang Pendidikan dan Kesehatan.
  2. Meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana Desa.
  3. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat melalui Pengembangan Perekonomian.
  4. Meningkatkan kualitas Keimanan dan Ketaqwaan masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam Rapat Paripurna tersebut juga ada beberapa catatan dari Kelembagaan BPD Berancah untuk menjadi perhatian Pemerintah Desa Beranacah dalam pendangan akhir rapat paripurna BPD yaitu disampaikan oleh Ketua BPD Berancah Muhammad Angsori menekan kepada pembangunan yang berbasis pemberdayaan masyarakat dengan menggali potensi keunggulan lokal desa sehingga dapat memotifasi masyarakat dalam proses pembangunan desa,  anggota BPD yang lain H. Syamsudin menekankan kepada Pemerintah Desa Berancah supaya dapat memfokuskan penataan kelembagaan baik diinternal desa yaitu organisasi pemerintahan desa maupun kelembagaan desa dan pemberdayaannya.

Setelah disahkannya RPJM-Des tersebut dari unsur masyarakat, Suryanto Ketua LPMD Berancah menaruh harapan besar kepada pemerintah desa Berancah untuk melakukan penyusunan proses pembangunan berikutnya yaitu tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa, APB-Des, Laporan Realisasi APB-Des dan lainnya tepat waktu sehingga proses pelaksanaan evaluasi pembangunan desa dapat terarah.