Kades Berancah Menghadiri Rapat Koordinasi Camat, Kepala Desa, Lurah Dan BPD Se-Kabupaten Bengkalis Tahun 2019

  • Kamis, 21 Maret 2019 - 01:57:pm Wib
  • Dibaca : 2930 Kali
Kades Berancah Menghadiri Rapat Koordinasi Camat, Kepala Desa, Lurah Dan BPD Se-Kabupaten Bengkalis Tahun 2019
Teks foto:

BERANCAH- 21 Maret 2019. Bapak Turadi selaku Kades Berancah Menghadiri Rapat Koordinasi Camat, Kepala Desa, Lurah Dan BPD Se-Kabupaten Bengkalis Tahun 2019 yang di selenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis yang di dilaksanakan di ruang serba guna lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, dengan di ikuti 302 peserta selama dua hari.Rapat yang mengambil tema “Melalui Rapat Koordinasi Camat, Kepala Desa, Lurah dan BPD se-Kabupaten Bengkalis, Kita Ciptakan Pemerintahan Desa dan Kelurahan yang Baik dan Bersih serta Terlaksananya Pemilu Tahun 2019 yang Tertib, Aman dan Damai” tersebut,

Pada pembukaan  Rapat Koordinasi Camat, Lurah, Kepala Desa dan BPD de-Kabupaten Bengkalis Tahun 2019, Bupati Amril mengatakan “Salah satu sumber penerimaan desa dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam bantuk Dana Desa.sejak digelontorkan 2015, setiap tahunnya DD yang diterima daerah terus bertambah setiap tahunnya.

Khusus untuk Kabupaten Bengkalis, dari 2015-2018, DD yang telah disalurkan Rp350 miliar lebih untuk 136 desa di daerah ini.

“Insya Allah, pada tahun 2019 ini, DD yang akan diterima Kabupaten Bengkalis Rp131.071.696.000,” jelasnya.

Dengan pemanfatan DD yang telah dikucurkan Pemerintah Pusat ke desa, menyebabkan tingkat perkembangan desa-desa di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini menjadi semakin cepat. Berkat DD tersebut pada tahun 2018, Kabupaten Bengkalis dinobatkan sebagai salah satu daerah yang masuk dalam 10 besar dengan tingkat laju pembangunan desa tercepat tahun selama kurun waktu 2014-2018 secara nasional. “Untuk pulau Sumatera hanya dua daerah. Yaitu, Kabupaten Bengkalis bersama dengan Kabupaten Padang Pariaman (Sumatera Barat),” jelasnya. Karena itu,maka sudah sepantasnyalah kita bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang maha Esa.

“Serta berterimakasih kepada pemerintahan yang dipimpin Presiden H Joko widodo yang telah memberikan perhatian yang cukup besar kepada desa, sehingga geliat pembangunan desa dan pengembangan potensi lokal desa dapat tumbuh dengan cepat menuju desa yang maju, mandiri dan sejahtera,” ajaknya.

Berdasarkan data di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis, melalui DD, pada tahun 2014-2018 berhasil dibangun jalan sepanjang 164,5 Km. Kemudian, jembatan sepanjang 2,81 Km, drainase 71,45 Km, irigasi 47 unit, tembok penahan tanah (TPI) 17 unit dan Posyandu 77 unit.

Tak lupa juga dalam kesempatan tersebut Bupati Amril menyampaikan “Kami berharap Camat, Kepala Desa, Lurah dan BPD dapat bekerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan di tingkat desa seperti Babinkamtibmas, Babinsa dan seluruh komponen masyarakat untuk sama-sama menciptakan situasi yang aman tertib dan damai guna tercapainya Pemilu yang berkualitas,”.