Beberapa Ibu Hamil Di Desa Berancah Menghadiri Pertemuan Kelas Ibu Hamil Se Desa Berancah

  • Rabu, 23 Oktober 2019 - 11:05:am Wib
  • Dibaca : 3808 Kali
Beberapa Ibu Hamil Di Desa Berancah Menghadiri Pertemuan Kelas Ibu Hamil Se Desa Berancah
Teks foto:

BERANCAH-berancah.desa.id,- Rabu (23 Oktober 2019) beberapa ibu hamil yang berdomisili di Desa Berancah pagi ini menghadiri kelas ibu hamil di Balai Pusat Belajar Masyarakat Desa Berancah pada pukul 10:30 wib. Sebanyak 4 orang ibu hamil yang bisa menghadiri dalam kelas tersebut. Adapun yang menjadi narasumber dalam kelas Ibu Hamil yakni Bidan Dari Puskesmas SelatBaru yang akrab di sapa Ibu Wiwit.

belajar Mengenai tanda bayi normal

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu (menjelang persalinan). Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan. Di kelas hamil, ibu hamil juga harus menyadari perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, dan perawatan bayi baru lahir.

 Pada pertemuan kali ini membahas tentang  Tanda Bayi Lahir Normal. Sebetulnya kelas Ibu Hamil sangatlah penting bagi Ibu Hamil hal ini di karenakan beberapa alasan seperti berikut ini:

1. Membantu persiapan

Sebagai calon ibu, pasti ada kebingungan mengenai apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan demi menyambut buah hati. Mengikuti kelas hamil akan membantu Anda dalam melakukan persiapan selama kehamilan sampai proses persalinan.

Agar proses melahirkan lancar, ada baiknya Anda mengetahui dan mencatat baik-baik apa yang akan dibutuhkan dan dipersiapkan. Mulai dari rumah sakit, pilihan dokter, peralatan pribadi sebagai alat pendukung, bahkan jangan lupakan persediaan makanan untuk suami selama menunggu Anda dirawat. Semua hal ini akan diajari di kelas khusus bagi ibu hamil ini.

2. Mengetahui pilihan

Pilihan yang dimaksud adalah pilihan cara-cara melahirkan. Metode melahirkan ada beragam, Anda dapat menyesuaikannya dengan kondisi kesehatan kehamilan Anda dan metode melahirkan seperti apa yang Anda inginkan. Mengikuti kelas bersalin akan membantu Anda untuk menentukan pilihan bagaimana Anda nanti melahirkan, apakah normal, melalui operasi caesar, atau water birth.

3. Mempersiapkan suami

Tidak hanya Anda yang harus sibuk mencari informasi mengenai kehamilan, namun calon ayah juga harus siap menjadi suami siaga. Di kelas hamil tidak hanya istri saja yang berpartisipasi, namun akan ada kelas khusus untuk para calon ayah.

Suami tentunya perlu tahu beberapa hal mengenai kehamilan Anda, seperti kapan perkiraan hari lahir agar ketika Anda mengalami kontraksi dan membutuhkan bantuan, suami Anda sudah siap.

Suami harus tahu apa yang harus dilakukan ketika Anda mulai merasakan nyeri melahirkan. Misalnya saja dengan memijat atau mengusap bagian punggung Anda atau menggunakan botol air hangat yang dilapisi handuk untuk kompres.

Meskipun banyak sumber informasi yang bisa Anda dapatkan baik dari internet, buku, maupun dari orang-orang terdekat Anda. Pertimbangkan untuk mengikuti kelas hamil, hal ini untuk meminimalisir risiko buruk kelahiran.

Berita Lainnya