Pembangunan MCK di Pemukiman Suku Asli Desa Berancah Tahun 2018

  • Rabu, 06 Februari 2019 - 08:52:am Wib
  • Dibaca : 4852 Kali
Pembangunan MCK di Pemukiman Suku Asli Desa Berancah Tahun 2018
Teks foto: MCK di Pemukiman Suku Asli Dusun Berancah

       Pemerintah Desa Berancah telah membangun MCK (Mandi, Cuci, Kakus)  di pemukiman Suku Asli yang berada di wilayah Dusun Berancahtahun 2018.  Pembangunan ini sebagai  salah satu sarana fasilitas umum yang digunakan bersama oleh beberapa keluarga untuk keperluan mandi, mencuci, dan buang air di lokasi permukiman dengan tingkat kemampuan ekonomi rendah guna meningkatkan kesadaran masyarakat suku asli akan pentingnya kesadaran masyarakat terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

       Sebelumnya telah dilakukan pengamatan dan pendatan di lapangan terhadap gaya hidup masyarakat dan hasil pendataan tersebut didapati masih kurangnya kesadaran masyarakat terhadap perilaku hidup bersih dan sehat hal ini di karenakan fasilitas MCK yang ada di kawasan Suku Asli belum memenuhi standar kesehatan.

        Didorong hal tersebut Pemerintah Desa Berancah mengambil sikap dan tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan ikut serta menunjang fasilitas MCK yang sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku di kawasan masyarakat Suku Asli di Dusun Berancah. Pada tanggal 13 Januari 2019 sebagai pelengkap fasilitas MCK maka pasang aliran listrik guna memberi kenyamana kepada masyarakat Suku Asli yang mendiami di wilayah tersebut

      Pemerintah Desa Berancah sangat berharap dengan adanya pembangunan MCK tersebut dapat bermanfaat dan meningkatkan kesadaran masyarakat Suku Asli terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sehingga dapat mengurangi resiko penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat terhadap hidup bersih dan sehat. Pemerintah juga sangat berharap masyarakat dapat menjaga dan merawat MCK beserta fasilitas penunjang yang telah di bangun oleh Pemerintah Desa Berancah.

      Pembangunan MCK ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat Suku Asli yang bermukim di wilayah tersebut. Menurut mereka pembangunan MCK ini sangat membantu masyarakat sekitar untuk hidup lebih bersih dan sehat Pembangunan tersebut sebenarnya membutuhkan beberapa unit tetapi tahap pertama ini tahun 2018 kita lakukan pembangunan satu unit di sampaikan oleh Sekretais Desa Berancah Eddy Nurdiansyah selasa pagi (15/1) di Kantor Desa Berancah yang didampingi oleh Kepala Dusun Berancah Arjianto.(red/liza).