Sosialisasi Bahaya Rokok di wilayah Suku Akik Desa Berancah Bersama Puskesmas Selat Baru

  • Selasa, 13 Agustus 2019 - 08:59:pm Wib
  • Dibaca : 2388 Kali
Sosialisasi Bahaya Rokok di wilayah Suku Akik Desa Berancah Bersama Puskesmas Selat Baru
Teks foto:

BERANCAH-berancah.desa.id-;  Pada Senin (12/08/2019)  Pemdes Berancah Menggelar Sosialisai Bahaya Rokok Bersama Puskesmas Selatbaru di Ruangan Kelas SDN 32 Bantan pada pukul 14.00 wib. Acara yang di hadiri oleh Sekdes Bapak Edi Nurdiansyah, Kadus Beancah,Kadus  Penowo Darat dan Staf Desa Berancah lainnya. Acara yang di isi oleh Dr. Fiska  yang membahas mengenai bahaya Rokok dan Ibu Linda yang membahas mengenai pentingnya persalinan ke Nakes.

penyampaian materi oleh Dr. Friska

Dalam penyampaiannya Dr. Fiska membahas tentang beberapa bahan berbahaya yang terkandung pada sebatang rokok yaitu Aseton: ditemukan dalam cairan pembersih kuteks (cat kuku) , Amonia: pembersih rumah yang umum digunakan, Asam asetat: bahan cat rambut, Arsenik: digunakan pada racun tikus, Benzene: ditemukan di semen karet, Butane: digunakan dalam cairan korek, Kadmium: komponen aktif dalam asam baterai, arbon monoksida: tercipta dari asap knalpot, Formaldehida: cairan pengawet, Hexamine: ditemukan di cairan korek barbekyu, Lead: digunakan dalam baterai, Naftalena: bahan dalam kapur barus, Methanol: komponen utama bahan bakar roket, Nikotin: digunakan sebagai insektisida, Tar: material untuk mengaspal jalan, dan Toluene: digunakan untuk bahan cat

Lanjutnya “Merokok sudah dikenal masyarakat sebagai salah satu penyebab kematian yang cukup besar di dunia. Berbagai penelitian telah membuktikan ada banyak bahaya merokok bagi kesehatan. Di antaranya yaitu asma, infeksi paru-paru, kanker mulut, kanker paru-paru dan sebagainya. Bahkan bahaya merokok bagi kesehatan ini tidak hanya berlaku bagi perokok saja. Pasalnya, orang-orang yang ada di sekitar perokok pun berisiko tinggi terkena efek rokok tersebut, meskipun mereka sendiri tidak merokok”